Kemampuan Penalaran Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Masalah Program Linier Ditinjau dari Gender
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penalaran mahasiswa dalam menyelesaikan masalah program linier ditinjau dari gender. Penelitian ini dilakukan di Prgram Studi Pendidikan Matematika STKIP Modern Ngawi. Penelitian dilakukan pada mahasiswa semester IV dengan memilih berdasarkan gender, yaitu laki-laki dan perempuan. Intrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah instrumen tes soal kemampuan penalaran, yang indikatornya meliputi kemampuan (1) merumuskan pernyataan matematis tertulis, (2) melakukan operasi matematika, (3) mengumpulkan bukti kebenaran penyelesaian, dan (4) sampai pada kesimpulan penyataan. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan data statistik yang akan mendeskripsikan variabelnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penalaran mahasiswa pada mata kuliah program linier berada pada tingkat tinggi. Berdasarkan indikator kemampuan bernalaran mahasiswa, siswa laki-laki telah mampu merumuskan pernyataan matematis dalam bentuk tertulis, telah mampu melakukan operasi matematika, tidak bisa mengumpulkan bukti kebenaran penyelesaian, dan tidak bisa menarik kesimpulan. Kemampuan bernalaran mahasiswa putri didasarkan pada indikator kemampuan bernalaran, yaitu mampu merumuskan pernyataan matematis tertulis, tidak mampu melakukan operasi matematika, tidak mampu mengumpulkan bukti kebenaran penyelesaiannya, dan tidak mampu. untuk menarik kesimpulan dari pernyataan.
References
Bernard, Alimuddin, Sahid, I. M. (2023). Modeling Dan Penyelesaian Masalah Program Linear Dengan Pom-Qm for Windows. Ininnawa: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 01(01), 107–115.
Firmanti, P. (2017). Penalaran Siswa Laki-laki dan Perempuan dalam Proses Pembelajaran Matematika. HUMANISMA: Journal of Gender Studies, 1(2), 73.
Hadi, W. P., Muharrami, L. K., & Utami, D. S. (2021). Identifikasi kemampuan penalaran ilmiah berdasarkan gender. Wahana Matematika Dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya, 15(2), 133–142. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPM/article/view/34047
Mardia, A., & Sundara, V. Y. (2020). Pengembangan Modul Program Linier Berbasis Pembelajaran Mandiri. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(01), 9–18. https://doi.org/10.22437/edumatica.v10i01.9090
Mashuri, A. (2020). Anwas Mashuri; Representasi Matematis Siswa Kelas XII Ipa 13 Representasi Matematis Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 1 Kabupaten Magetan Dalam Pemecahan Masalah Trigonometri Ditinjau Dari Kompetensi Pengetahuan. In ejournal.stkipmodernngawi.ac.id. Retrieved from http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/IJELM/article/view/200
Mashuri, A., Sudjadi, I., Pramudya, I., & Gembong, S. (2017). Student Analogy Reasons When Solving Area Concepts in Pyramids and Prisms. Journal of Physics: Conference Series, 895(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012041
Mashuri, Anwas. (2021). Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Konseptual Program Linier. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1–11.