Analisis Problematika Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Matematika Pada Tingkat SMP

  • Budi Sasomo STKIP Modern Ngawi
Keywords: Problematika Belajar, Kurikulum Merdeka Belajar, Pembelajaran Matematika

Abstract

Pendidikan memiliki peran yang sangat signifikan dalam meningkatkan kualitas dan taraf hidup masyarakat serta mengembangkan kesadaran berpikir praktis dan kritis dalam mengatasi masalah. Dalam upaya menciptakan kondisi tersebut, matematika, sebagai salah satu ilmu dasar yang dipelajari dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi, memiliki peran penting dalam membentuk pola pikir praktis, kemampuan pemecahan masalah secara kritis, dan mendukung pemahaman terhadap studi-studi lainnya. Meskipun telah terjadi berbagai revolusi dalam dunia pendidikan, matematika masih sering dihadapi dengan ketakutan oleh siswa dan dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan analisis dan informasi terkait problematika atau masalah yang muncul dalam pelaksanaan konsep Merdeka Belajar dalam pembelajaran matematika. Metode kajian pustaka (literature review) digunakan dalam penelitian ini, melibatkan pengumpulan data dari berbagai sumber seperti jurnal, buku, artikel ilmiah, dan sebagainya untuk menggambarkan kejadian atau peristiwa tertentu. Berdasarkan data dan informasi yang diperoleh melalui penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa dalam pembelajaran matematika, diperlukan kreativitas dari guru serta penggunaan teknik dan metode yang tepat. Dalam konteks ini, program Merdeka Belajar diharapkan dapat berperan dalam menciptakan pembelajaran matematika yang efektif

References

Al Husna, L., MZ, Z. A., & Vebrianto, R. (2021). Studi Eksploratif Problematika Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar Di Tanah Datar. Mathline: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 1–12.
Andiani, D., Hajizah, M. N., & Dahlan, J. A. (2020). Analisis Rancangan Assesmen Kompetensi Minimum (AKM) Numerasi Program Merdeka Belajar. Majamath: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 80–90. http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/majamath/article/view/101 0/544
Fatoni, M., & Madiun, U. P. (2022). Analisis Pelaksanaan Program Merdeka Belajar di SDN Tanjungsari Terkait Pembelajaran Matematika. 1, 68–77.
Istikhoirini, E. (2021). Studi Literatur : Edmodo sebagai Media Pembelajaran Matematika Daring dalam Era Merdeka Belajar di Masa Pandemi. ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan), 2(1), 11–18. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/sandika/article/view /500
Kusumaryono, R. S. (2022). Gtk kemendikbudristek 2022 (Issue April 2019, pp. 1–6). Manik, H., Sihite, A. C. B., Sianturi, F., Panjaitan, S., & Hutauruk, A. J. B. (2022). Tantangan Menjadi Guru Matematika dengan Kurikulum Merdeka Belajar di Masa Pandemi Omicron Covid-19. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 328–332.
Naufal, H. (2021). Model pembelajaran konstruktivisme pada matematika untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa di era merdeka belajar. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 2(1), 143–152. file:///C:/Users/user/Downloads/548-Article Text-1029-1-10-20210106.pdf
Permatasari, K. G. (2021). Problematika pembelajaran matematika di sekolah dasar/ madrasah ibtidaiyah. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 17(1), 68–84. http://www.jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/arti cle/view/96
Shadiq, F. (2014). Pembelajaran Matematika: Cara Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sharuji, W. N. S., & Nordin, N. M. (2017). Kesediaan guru dalam pelaksanaan kemahiran berfikir aras tinggi (KBAT). Simposium Pendidikan DiPeribadikan: Perspektif Risalah An-Nur, 140–146.
Snyder, H. (2019). Literature review as a research methodology: An overview and guidelines. Journal of Business Research, 104(July), 333–339. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.07.039
Sugiri, W. A., & Priatmoko, S. (2020). Persprektif asesmen autentik sebagai alat evaluasi dalam merdeka belajar. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 53–61.
Trapsilasiwi, D., Jhahro, K. F., & Setiawan, T. B. (2018). Pemahaman Konsep Siswa Pada Pemecahan Masalah Soal Geometri Pokok Bahasan Segiempat Ditinjau Dari Gaya Kognitif Reflektif-Impulsif Siswa. Kadikma, 9(1), 116–122.
Wahdani, F., & Burhanuddin, H. (2020). Pendidikan Keluarga di Era Merdeka Belajar. Al-Aufa: Jurnal Pendidikan Dan Kajian Keislaman, 2(1), 1–10.
Wijaya, A., Mustofa, M. S., & Husain, F. (2020). Sosialisasi Program Merdeka Belajar dan Guru Penggerak Bagi Guru SMPN 2 Kabupaten Maros. Jurnal Puruhita, 2(1), 46–50
Published
2024-01-17