PENINGKATAN KOMPETENSI GURU BINAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBUAT VIDEO PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK TEKNIK ANDRAGOGI DI KABUPATEN KULON PROGO TAHUN PELAJARAN 2020/2021

  • Mardiyatun Pengawas SD Kabupaten Kulon Progo
Keywords: Supervisi, Teknik Andragogi, Kompetensi Guru, Video pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji manfaat dan eefisiensi supervisi akademik melalui Teknik Andragogi guna meningkatkan kompetensi guru agama Islam dalam membuat video pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek utama 36 guru pendidikan agama Islam di Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta. Tindakan penelitian ini diupayaan melalui Supervisi Akademik Teknik Andragogi sedangkan aksi yang dilakukan melalui 4 tahapan tindakan, ialah tahapan perencanaan tindakan (planning), pelaksanaan tindakan (action), pengamatan (observation), dan perenungan (reflection). Tahapan action dan observation dilaksanakan dalam waktu yang bersamaan. Penelitian ini direncanakan berlangsung selama dua (2) siklus sampai terjadi peningkatan atau tercapainya solusi permasalahan yang diangkat. Metode yang digunakan adalah wawancara, kuesioner, dan observasi, tes pemahaman, dan hasil produk. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi akademik dengan teknik andragogi dapat meningkatkan kompetensi guru pendidikan agama Islam dalam membuat video pembelajaran pada masa pandemi C-19. Hal ini dibuktikan setelah adanya tindakan yakni: (1) hasil observasi dan angket serta hasil produk, menunjukkan bahwa tingkat kehadiran peserta dari siklus ke siklus berikutnya dan peserta merasakan senang mengikuti bimbingan teman sejawat secara andragogi sebesar 100 % (2) pemahaman konsep dalam membuat video pembelajaran meningkat dari kondisi yang rendah dan cukup menjadi baik dan sangat baik 88.1% artinya para guru pendidikan agama Islam sebagai peserta andragogi sudah mampu memahami konsep dengan baik (3) hasil penilaian produk siklus I masih rendah 69.1 %,  setelah adanya tindakan di siklus ke II menjadi naik secara signifikan ke level baik dan sangat baik 82.7 %, artinya sejumlah 36 guru agama Islam setelah mampu memahami konsep, otomatis mampu membuat video penbelajaran sesuai indikator keberhasilan. (4) teknik andragogi dapat dilaksanakan dengan mudah dan efektif serta sangat bermanfaat. Kelemahan-kelemahan yang masih terjadi mampu diatasi pada supervisi -supervisi berikutnya.

References

Arif, Z. 2012. Andragogi. Bandung: Penerbit Angkasa.

Prastowo, A. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Arsyad, A. 2005. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Arikunto, S. 2010. Penelitian Tindakan Untuk Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas. Cetakan pertama. Yogyakarta: Aditya Media.

Badan Penelitian dan Pengembangan. 2020. Surat Keputusan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Nomor 018/H/Kr/2020. Kompetensi Inti dan kompetensi dasar Pelajaran pada kurikulum 2013 Pada pendidikan Usia dini,Pendidikan dasar dan menengah atas kodisi khusus

Basleman, A., & Mappa, S. 2011.Teori Belajar Orang Dewasa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

BSNP. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta: BSNP.

Depdiknas. (2008). Pedoman Penelitian Tindakan Sekolah (School Action Research) Peningkatan Kompetensi Supervisi Pengawas Sekolah SMA/SMK/ SMK. Jakarta: Dirjen PMPTK.

Ilahi, MT. 2013. Pendidikan Inklusif: Konsep & Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Infeksiemerging.kemkes.go.id. 2021. Infeksi Emerging Kementerian Kesehatan RI. [online] diakses di: <http://infeksiemerging.kemkes.go.id/> [diakses 24 Maret 2021].

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaaan. 2020. Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kemendikbud Nomor 15 Tahun 2020. Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19)

Kementerian Dalam Negeri. 2020. Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 440/2436/SJ/Tahun 2020. Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di Lingkungan Pemerintah Daerah

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Direktorat Jendral Pendidikan. 2020. Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 3451 Tahun 2020. Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Pembelajaran PAI pada Sekolah pada Masa Kebiasaan Baru.

Kemmis, S. and McTaggart, R. 1988. The Action Researh Reader.Victoria, Deakin University Press

Kepala Kantor Wilayah Kemeterian Agama DIY. Surat Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama DI.Yogyakarta Nomor: B.740/Kw/12.1/3/KP.01.1/07/20. Perubahan Pengaturan dan Penyusunan Manajemen Kerja Pegawai di Lingkungan Kemenag DI Yogyakarta tentang Edaran Awal Tahun Pelajaran 2020/2021 Dalam Masa Darurat

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kulon Progo. Surat Edaran Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kulon Progo Nomor 420/3345/101.1/2020 tanggal 29 Mei 2020 tentang Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19 di Satuan Pendidikan.

Kemmis, S., & Taggart, R. 1988. The Action Researh Reader. Victoria Deakin University Press.

Lunardi. 2013. Pendidikan Orang Dewasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Makmun, A., 2012. Psikologi kependidikan. Bandung, Indonesia: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. 2002. Manajemen Berbasis Sekolah (Konsep, Strategi, dan Implementasi). Bandung: Remaja Rosdikarya

Mustofa, K. 2012. Model Pendidikan Dan Pelatihan: (Konsep Dan Aplikasi). Bandung: Alfabeta

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2007 Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah

Peraturan Menteri Pendidikan dan kebudayaan Republik IndonesiaNomor 62 Tahun 2014 Tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2010 tentang Pengelolaan Pendidikan Agama pada Sekolah

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 15 Tahun 2018 tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah.

Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Rifa’i & Achmad RC. 2009. Desain Pembelajaran Orang Dewasa. Semarang: UnnesPress

Sagala, H. 2006. Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Sudjana, H. 2009. Penelitian Tindakan Kepengawasan, Konsep dan Aplikasinya bagi Pengawas Sekolah. Jakarta: Binamitra Publishing.

Sergiovanni, T.J. 1982. Supervision of Teaching. Alexandria: Association for Supervision and Curriculum Development.

Sudjana, N. 2009. Penelitian Tindakan Kepengawasan( konsep dan aplikasinya bagi pengawas Sekolah). Jakarta: LPP Binamitra.

Wahab, S. 2008. Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Malang: UMM press.

Published
2021-06-30