PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 NGRAMBE AHUN PEMBELAJARAN 2020/2021
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa kelas VIIA dengan menggunakan model pembelajaran blended learning dan kelas VIIB dengan menggunkan model pembelajaran online di SMP Negeri 3 Ngrambe. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuasi eksperimen dengan desain non-equivalent control group design. Tempat penelitian dilakukan adalah SMP Negeri 3 Ngrambe. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Ngrambe yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VIIA dan VIIB. Perlakuan diberikan kepada kelas eksperimen dengan memberikan pembelajaran dengan model pembelajaran blended learning. Sedangkan pada kelas kontrol pembelajaran diberikan dengan model pembelajaran online. Hasil belajar kelas-kelas tersebut berupa nilai yang didapat dari pretest dan posttest. Tehnik analisis data yang digunakan untuk mendeskripsikan data yaitu dengan tehnik analisis deskriptif yang meliputi modus, median, mean, varians, dan standar deviasi. Kemudian dilakukan uji persyaratan dengan uji keseimbangan, uji normalitas dan uji homogenitas. Selanjutnya untuk menguji hipotesis menggunakan statistik paramtris dengan uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hail belajar yang matematika yang signifikan ( t hitung = 11,18594 > t tabel 1,99962) antara kelas VIIA dengan model pembelajaran blended learning dan kelas VIIB dengan model pembelajaran online.
References
Abdul, S., R. 2019. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Amelia, R. & Isro’atun. 2019. Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Bumi Aksara.
Dimyati & Mudjiono. 1945. Belajar dan Pembelajaran. Depdikbud, Jakarta
Djaali (2020). “Metodologi Penelitian Kuantitatif”. Jakarta: Bumi Aksara.
Daryanto. 2010. Belajar dan Mengajar. Bandung: CV. Yrama
Fatimah, M. A. dkk. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Poitumpanua Kab. Wajo. Jurnal Chemica, Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makasar, Vol.17 No.2, 2 desember 2016.
Hadi, N. 2006. Online Learning Sebagai Salah Satu Inovasi Pembelajaran, Jurnal Pythagoras, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta, 2 (1).
Husamah. 2014. Pembelajaran Bauran (blended Learnng). Jakarta: Prestasi Pustaka.
Muwalidah, M., dkk. 2017. Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning pada Mata Pelajaran Ekonomi KD Sistem dan Alat Pembayaran Kelas X IPS SMAN 2 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017”, Jurnal pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember, Vol. 11 No. 2, 2017
Sugiyono. 2019. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumarna, Surapranata. 2005. Analisis, Validitas, Reliabilitas dan Interpretasi Hasil Tes. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.