https://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/ELES/issue/feedEducation and Learning of Elementary School 2025-09-03T14:31:07+07:00Miratu Chaerohmiratuchaeroh@stkipmodernngawi.ac.idOpen Journal Systemshttps://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/ELES/article/view/931Elementary Education PERSEPSI SISWA TERHADAP KONSEP DEMOKRASI DALAM PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN2025-09-03T14:31:06+07:00Satria Dananjaya Satria Dananjayasatriadananjaya60@gmail.com<p>Pendidikan kewarganegaraan merupakan bagian yang utuh dari sistem pendidikan nasional. Oleh<br>karena itu, proses pendidikan kewarganegaraan diwujudkan dalam kurikulum dan pembelajaran pada<br>semua jalur dan jenjang pendidikan. Untuk menjamin fungsi dan perannya dalam rangka pencapaian<br>tujuan pendidikan nasional. Pendidikan kewarganegaraan menempati tempat yang strategis untuk<br>mempersiapkan para generasi muda menjadi warganegara yang demokratis. Proses demokratisasi yang<br>sedang terjadi di Indonesia saat ini memang perlu disikapi dengan sungguh-sungguh melalui konsep dan<br>pelaksanaan kurikulum pendidikan kewarganegaraan yang fungsional di harapkan dapat menyiapkan<br>warga negara yang ideal untuk mendukung dan mengamankan proses demokrasi yang sedang<br>berlangsung. Bentuk nilai-nilai demokrasi dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di<br>lingkungan sekolah dapat di laksanakan dengan membangun dan menanamkan jiwa nasionalisme sejak<br>dini, dalam hal tersebut para siswa di tuntut untuk dapat merespon permasalahan-permasalahan yang<br>terjadi secara mandiri dan penuh dengan rasa tanggungjawab, selain itu para guru dan murid beserta<br>kepala sekolah saling bekerja sama, untuk dapat membangun dan berkontribusi secara penuh dalam<br>menumbuhkan nilai-nilai demokrasi tersebut di lingkungan sekolah mengingat pentingnya rasa demokrasi<br>dalam setiap diri siswa.</p>2025-09-01T16:34:41+07:00Copyright (c) 2025 Education and Learning of Elementary School https://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/ELES/article/view/930Elementary school PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PKN DI SD MUHAMMADIYAH 1 SINE2025-09-03T14:31:06+07:00najwa faizatul hasbina najwa faizatul hasbinanajwafaizatulhasbina@gmail.com<ol> <li>Pendidikan adalah suatu proses yang berkembang dalam kehidupan. Proses yang terus <br>berjalan dan berkembang pesat mengikuti perkembangan zaman. Pergantian kurikulum <br>menjadikan model pembelajaran lebih variatif, seperti penggunaan media audio visual. Penelitian <br>ini menggunakan metode kajian literatur dengan teknik pengambilan data melalui literasi <br>diberbagai sumber: buku, artikel, dan jurnal yang dianggap relevan dengan penelitian ini. Hasil <br>dari penelitian ini siswa menjadi lebih memahami tentang materi yang disampaikan serta <br>membangunsuasana yang lebih menyenangkan. Media audio visual sangat membantu dalam <br>pembelajaran pkn, diluar atas pemecahan masalah kejenuhan siswa dikelas media audio visual <br>memperjelas dalam penyampaian materi.</li> </ol>2025-09-02T16:00:26+07:00Copyright (c) 2022 Education and Learning of Elementary School https://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/ELES/article/view/942Elementary Education KRITIK SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN: MENUMBUHKAN KESADARAN KRITIS SISWA SD NEGERI SIDOMULYO 12025-09-03T14:31:06+07:00shofia nur lailatul khoiriah shofia nur lailatul khoiriahshofiakhoiriah@gmail.com<p>Kritik sosial memiliki peran penting dalam pendidikan, khususnya dalam pembelajaran </p> <p>kewarganegaraan, untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Namun, </p> <p>implementasi kritik sosial dalam kurikulum pendidikan seringkali tidak mendalam. Studi ini </p> <p>bertujuan untuk mengeksplorasi strategi pembelajaran yang dapat mengintegrasikan kritik </p> <p>sosial secara efektif di SD Negeri Sidomulyo 1. Metode studi literatur digunakan untuk </p> <p>menganalisis sumber-sumber yang relevan dengan topik. Hasilnya menunjukkan bahwa </p> <p>pendekatan saintifik dalam pembelajaran dasar dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis </p> <p>siswa. Implementasi nilai-nilai Pancasila dalam kegiatan sehari-hari siswa juga dapat </p> <p>membantu membentuk karakter dan kesadaran kritis. Temuan ini menekankan pentingnya </p> <p>memperkuat pendidikan kewarganegaraan dengan mengintegrasikan kritik sosial secara </p> <p>mendalam, serta nilai-nilai Pancasila dalam pembelajaran. Studi ini memberikan landasan </p> <p>untuk pembahasan lebih lanjut tentang kontribusi pendidikan kewarganegaraan dalam </p> <p>membentuk kesadaran kritis siswa.</p> <p>Kritik sosial memiliki peran penting dalam pendidikan, khususnya dalam pembelajaran <br>kewarganegaraan, untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Namun, <br>implementasi kritik sosial dalam kurikulum pendidikan seringkali tidak mendalam. Studi ini <br>bertujuan untuk mengeksplorasi strategi pembelajaran yang dapat mengintegrasikan kritik <br>sosial secara efektif di SD Negeri Sidomulyo 1. Metode studi literatur digunakan untuk <br>menganalisis sumber-sumber yang relevan dengan topik. Hasilnya menunjukkan bahwa <br>pendekatan saintifik dalam pembelajaran dasar dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis <br>siswa. Implementasi nilai-nilai Pancasila dalam kegiatan sehari-hari siswa juga dapat <br>membantu membentuk karakter dan kesadaran kritis. Temuan ini menekankan pentingnya <br>memperkuat pendidikan kewarganegaraan dengan mengintegrasikan kritik sosial secara <br>mendalam, serta nilai-nilai Pancasila dalam pembelajaran. Studi ini memberikan landasan <br>untuk pembahasan lebih lanjut tentang kontribusi pendidikan kewarganegaraan dalam <br>membentuk kesadaran kritis siswa.</p> <p> </p>2025-09-02T16:14:19+07:00Copyright (c) 2022 Education and Learning of Elementary School https://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/ELES/article/view/817PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATERI IPA SIFAT PERUBAHAN WUJUD BENDA DI SDN LUWIHAJI III2025-09-03T14:31:07+07:00Rosalina maisaroh azizah Rosalina maisaroh azizahmaysarohrosalina@gmail.com<p><span style="text-decoration: underline;">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahiui pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa kelas V pada materi ipa sifat perubahan wujud benda, Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan One-Group Pretest-Posttest Desain. Dengan populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Luwihaji III sebanyak 17 siswa. Sampel diambil dengan teknik sampling jenuh artinya seluruh populasi digunakan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data adalah Tes. Tes tulis dengan bentuk soal pilihan ganda. Analisis menggunakan uji paired T- Test Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhitungan pada uji- t Sig.(2-tailed) yaitu 0,000 lebih kecil dari 0,05 dan dapat diketahui bahwa thitung > ttabel yaitu 12,410 > 2.110 (0.05/2) maka dalam hal ini H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga disimpulkan ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil siswa kelas V materin ipa sifat perubahan wujud benda di SDN luwihaji III. </span></p>2025-09-02T16:29:55+07:00Copyright (c) 2022 Education and Learning of Elementary School https://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/ELES/article/view/944elementary school HAMBATAN DALAM MENGIMPLEMNETASIKAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SD2025-09-03T14:31:07+07:00Maida Mustika Maidamaidamustikasari77@gmail.com<p>Pembelajaran Kewarganegaraan (PKN) merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib diberikan dari jenjang dasar sampai perguruan tinggi. Proses pembelajaran PKN masih didominasi dengan pembelajaran konfensional yaitu dengan metode ceramah. Salah satu metode pembelajaran yang lebih efektif dalam pembelajaran PKN adalah dengan metode tanya jawab, metode diskusi, metode penugasan, dan metode permainan. Salah satu metode pembelajaran yang lebih efektif dalam pembelajaran PKN adalah dengan pemberian contoh kasus pada setiap kewarganegaraan terhadap pemahaman konsep mahasiswa calon guru anak usia dini. Penelitian ini adalah penelitian pengamatan dengan subjek peserta didik SDN Beran 4. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes untuk mengetahui pemahan konsep mahasiswa data dianalisis secara kualitatif. Serta dengan penggunaan media pembelajaran yang tapat bagi anak sekolah SD. </p>2025-09-03T00:00:00+07:00Copyright (c) 2022 Education and Learning of Elementary School