elementary school HAMBATAN DALAM MENGIMPLEMNETASIKAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SD
HAMBATAN DALAM MENGIMPLEMNETASIKAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SD
Abstract
Pembelajaran Kewarganegaraan (PKN) merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib diberikan dari jenjang dasar sampai perguruan tinggi. Proses pembelajaran PKN masih didominasi dengan pembelajaran konfensional yaitu dengan metode ceramah. Salah satu metode pembelajaran yang lebih efektif dalam pembelajaran PKN adalah dengan metode tanya jawab, metode diskusi, metode penugasan, dan metode permainan. Salah satu metode pembelajaran yang lebih efektif dalam pembelajaran PKN adalah dengan pemberian contoh kasus pada setiap kewarganegaraan terhadap pemahaman konsep mahasiswa calon guru anak usia dini. Penelitian ini adalah penelitian pengamatan dengan subjek peserta didik SDN Beran 4. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes untuk mengetahui pemahan konsep mahasiswa data dianalisis secara kualitatif. Serta dengan penggunaan media pembelajaran yang tapat bagi anak sekolah SD.