Elementary Education KRITIK SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN: MENUMBUHKAN KESADARAN KRITIS SISWA SD NEGERI SIDOMULYO 1
Kritik sosial pembelajaranPKN
Abstract
Kritik sosial memiliki peran penting dalam pendidikan, khususnya dalam pembelajaran
kewarganegaraan, untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Namun,
implementasi kritik sosial dalam kurikulum pendidikan seringkali tidak mendalam. Studi ini
bertujuan untuk mengeksplorasi strategi pembelajaran yang dapat mengintegrasikan kritik
sosial secara efektif di SD Negeri Sidomulyo 1. Metode studi literatur digunakan untuk
menganalisis sumber-sumber yang relevan dengan topik. Hasilnya menunjukkan bahwa
pendekatan saintifik dalam pembelajaran dasar dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis
siswa. Implementasi nilai-nilai Pancasila dalam kegiatan sehari-hari siswa juga dapat
membantu membentuk karakter dan kesadaran kritis. Temuan ini menekankan pentingnya
memperkuat pendidikan kewarganegaraan dengan mengintegrasikan kritik sosial secara
mendalam, serta nilai-nilai Pancasila dalam pembelajaran. Studi ini memberikan landasan
untuk pembahasan lebih lanjut tentang kontribusi pendidikan kewarganegaraan dalam
membentuk kesadaran kritis siswa.
Kritik sosial memiliki peran penting dalam pendidikan, khususnya dalam pembelajaran
kewarganegaraan, untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Namun,
implementasi kritik sosial dalam kurikulum pendidikan seringkali tidak mendalam. Studi ini
bertujuan untuk mengeksplorasi strategi pembelajaran yang dapat mengintegrasikan kritik
sosial secara efektif di SD Negeri Sidomulyo 1. Metode studi literatur digunakan untuk
menganalisis sumber-sumber yang relevan dengan topik. Hasilnya menunjukkan bahwa
pendekatan saintifik dalam pembelajaran dasar dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis
siswa. Implementasi nilai-nilai Pancasila dalam kegiatan sehari-hari siswa juga dapat
membantu membentuk karakter dan kesadaran kritis. Temuan ini menekankan pentingnya
memperkuat pendidikan kewarganegaraan dengan mengintegrasikan kritik sosial secara
mendalam, serta nilai-nilai Pancasila dalam pembelajaran. Studi ini memberikan landasan
untuk pembahasan lebih lanjut tentang kontribusi pendidikan kewarganegaraan dalam
membentuk kesadaran kritis siswa.