Elementary Education PERSEPSI SISWA TERHADAP KONSEP DEMOKRASI DALAM PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Persepsi, Demokrasi, Pendidikan, Kewarganegaraan
Abstract
Pendidikan kewarganegaraan merupakan bagian yang utuh dari sistem pendidikan nasional. Oleh
karena itu, proses pendidikan kewarganegaraan diwujudkan dalam kurikulum dan pembelajaran pada
semua jalur dan jenjang pendidikan. Untuk menjamin fungsi dan perannya dalam rangka pencapaian
tujuan pendidikan nasional. Pendidikan kewarganegaraan menempati tempat yang strategis untuk
mempersiapkan para generasi muda menjadi warganegara yang demokratis. Proses demokratisasi yang
sedang terjadi di Indonesia saat ini memang perlu disikapi dengan sungguh-sungguh melalui konsep dan
pelaksanaan kurikulum pendidikan kewarganegaraan yang fungsional di harapkan dapat menyiapkan
warga negara yang ideal untuk mendukung dan mengamankan proses demokrasi yang sedang
berlangsung. Bentuk nilai-nilai demokrasi dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di
lingkungan sekolah dapat di laksanakan dengan membangun dan menanamkan jiwa nasionalisme sejak
dini, dalam hal tersebut para siswa di tuntut untuk dapat merespon permasalahan-permasalahan yang
terjadi secara mandiri dan penuh dengan rasa tanggungjawab, selain itu para guru dan murid beserta
kepala sekolah saling bekerja sama, untuk dapat membangun dan berkontribusi secara penuh dalam
menumbuhkan nilai-nilai demokrasi tersebut di lingkungan sekolah mengingat pentingnya rasa demokrasi
dalam setiap diri siswa.