PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATERI IPA SIFAT PERUBAHAN WUJUD BENDA DI SDN LUWIHAJI III
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahiui pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa kelas V pada materi ipa sifat perubahan wujud benda, Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan One-Group Pretest-Posttest Desain. Dengan populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Luwihaji III sebanyak 17 siswa. Sampel diambil dengan teknik sampling jenuh artinya seluruh populasi digunakan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data adalah Tes. Tes tulis dengan bentuk soal pilihan ganda. Analisis menggunakan uji paired T- Test Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhitungan pada uji- t Sig.(2-tailed) yaitu 0,000 lebih kecil dari 0,05 dan dapat diketahui bahwa thitung > ttabel yaitu 12,410 > 2.110 (0.05/2) maka dalam hal ini H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga disimpulkan ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil siswa kelas V materin ipa sifat perubahan wujud benda di SDN luwihaji III.
Kata kunci: model pembelajaran inkuiri terbimbing, hasil belajar IPA