Analisis Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SDN 1 Tlogotuwung Blora Tahun Ajaran 2022/2023
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keterampilan membaca pemahaman siswa dan faktor penyebab kesulitan membaca pemahaman siswa kelas V SDN 1 Tlogotuwung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui pengamatan secara langsung mengenai bagaimana keterampilan membaca pemahaman khususnya siswa kelas V SDN 1 Tlogotuwung. Penelitian kualitatif ini bersifat deskriptif kualitatif guna memperoleh gambaran mengenai bagaimana keterampilan membaca pemahaman siswa. Proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan 3 teknik yaitu pengamatan atau observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam kegiatan analisis data terdiri dari tiga alur kegiatan yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas V SDN 1 Tlogotuwung memiliki keterampilan membaca pemahaman yang baik. Hal tersebut dibuktikan bahwa hasil pengamatan membaca pemahaman yang menunjukkan presentase kualifikasi baik yang tinggi. Adapun faktor yang menyebabkan siswa mengalami hambatan atau kesulitan belajar membaca pemahaman diantaranya faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal terdiri dari rendahnya minat membaca siswa, perbedaan kemampuan berpikir yang dimiliki siswa (faktor intelegensi) dan faktor kondisi tubuh. Sedangkan faktor eksternal berasal dari lingkungan keluarga terutama orang tua yang kurang meperhatikan anak.
Kata Kunci : Keterampilan, Membaca Pemahaman