Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V SDN Bangunrejo Lor 1
Abstract
Abstrak
Pembelajaran matematika seharusnya menjadi pembelajran yang menyenangkan untuk peserta didik. Matematika sangat penting dipelajari dan dipahami dikarenakan matematika mempunyai objek berupa fakta. Namun kenyataannya siswa masih kurang tertarik dalam proses pembelajaraan matematika, siswa mengalami kesulitan untuk mengingat dan menentukan rumus dalam pengerjaan soal. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh metode pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar matematika kelas V SDN Bangunrejo Lor 1. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode PreExperimental. Desain One-Group Pretest-Posttest. Populasi adalah siswa kelas V SDN Bangunrejo Lor 1 yaitu 32 siswa dengan teknik sampling jenuh artinya seluruh populasi digunakan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data adalah Tes. Analisis data yaitu uji coba instrumen tes, homogenitas, normalitas dan t-test. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh signifikan penggunaan metode pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar matematika materi bangun ruang kelas V SDN Bangunrejo Lor 1. Sehingga dapat disimpulkan metode pembelajaran mind mapping berpengaruh terhadap hasil belajar matematika materi bangun ruang kelas V SDN Bangunrejo Lor 1.
Kata Kunci: Mind mapping, Hasil Belajar, Matematika