Pengaruh penggunaan media pembelajaran animasi powtoon terhadap hasil belajar siswa kelas V di SDN Kwadungan Lor Padas

Media pembelajaran animasi powtoon

  • Ajeng tasya septiana ajengtasya STKIP Modern Ngawi
Keywords: Media Pembelajaran, Hasil belajar, Animasi Powtoon

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran animasi powtoon terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini penting karena penggunaan media pembelajaran kurang maksimal meskipun media pembelajaran sudah tersedia disekolah. Metode yang digunakan pada penelitian ini kuantitatif dengan teknik analisis data statistik deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yakni kelas V SDN Kwadungan Lor Padas yang berjumlah 11 siswa 5 siswa laki-laki dan 6 sisanya siswa perempuan. data yang didapat berasal dari nilai hasil soal pretest dan soal posttest pada siswa. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran soal, uji daya pembeda, uji normalitas dan uji t. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah (1) didapatkan perbedaan soal pretest dengan rata-rata 48,18 sedangkan nilai posttest dengan rata-rata 71,8 (2) penggunaan media pembelajaran memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran langsung. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran animasi powtoon lebih efektif ditinjau dari hasil pretest dan posttest yang meningkat. (3) penelitian ini dengan hasil Ho ditolak dan Ha diterima.

Published
2023-10-18