PENINGKATAN PRESTASI SISWA DALAM MENGOPERASIONALKAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DENGAN MEDIA BENDA KONKRIT

  • Siti Nurhidayah
  • Endah Tri Prabawanti
Keywords: prestasi belajar, penjumlahan, pengurangan dan media realita

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk Mengetahui kualitas implementasi proses pembelajaran dengan menggunakan media benda kongkrit bagi siswa kelas I SDN Tambakromo 3  Kecamatan Geneng Kabupaten Ngawi. 2) Meningkatkan prestasi siswa kelas I SDN Tambakromo 3 Kecamatan Geneng Kabupaten Ngawi mengoperaionalkan penjumlahan dan pengurangan dengan menggunakan media pembelajaran benda konkrit. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan tes, dokumentasi dan observasi. Data yang diperoleh disajikan dalam bentuk tabel dan gambar. Teknik analisis yang digunakan peneliti ini adalah analisis inteaktif. Model analisis interaktif mempunyai tiga buah komponen pokok,yaitu reduksi data, sajian dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.

Published
2022-04-06