Pengembangan Penilaian Autentik Kurikulum 2013 pada Muatan Pelajaran IPA Kelas IV di SD Negeri Paron 1
Abstract
Penilaian aspek psikomotorik siswa di kelas IV di SD Negeri Paron 1 Kecamatan Paron belum sepenuhnya dilaksanakan secara autentik, penilaian yang selama ini digunakan oleh guru dalam muatan pelajaran IPA lebih banyak mengukur pada ranah penilaian kognitif melalui tes dan non tes. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa instrument autentik assessment berbasis kinerja pada mata muatan pelajaran IPA yang valid dan layak digunakan. Model penelitian ini mengadobsi model pengembangan research and Development (R & D) Borg & Gall yang hanya menggunakan langkah pertama sampai tahap kelima saja..Produk hasil pengembangan ini diuji coba melalui validasi isi dan uji coba terbatas. Instrument pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkanhasilanalisis data validasi produk, diperoleh bahwa persentase kelayakan instrument penilaian psikomotorik memiliki persentase rata-rata 94,73% dengan kriteria “sangat layak”, dan kelayakan materi memiliki persentase rata-rata 96,51% dengan kriteria “sangat layak”.