Implementasi ANBK Terhadap Kesiapan Mental Peserta Didik
Abstract
Pemerintah melalui surat edaran Mendikbud Nomor 1 Tahun 2021 memutuskan bahwa Ujian Nasional ditiadakan dan digantikan dengan Asesmen Nasional. Asesmen adalah kegiatan untuk mengungkapkan kualitas proses dan hasil pembelajaran. Dalam pelaksanaannya dilakukan berbasis komputer sehingga dinamakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer. ANBK adalah Asesmen atau penilaian yang dilaksanakan disetiap jenjang sekolah mulai dari SD, SMP, SMA/SMK sederajat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi ANBK di Sekolah Dasar dan kesiapan mental peserta didik dalam menghadapi ANBK. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan partisipan yang terdiri dari Kepala Sekolah, Guru Kelas V dan 2 orang siswa yang dipilih secara acak dari SDN Karang Tengah 4 dan SDN Babadan 1. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, pedoman wawancara dan catatan lapangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan model Miles dan Huberman dengan teknik analisis data meliputi (1) reduksi data, (2) display atau penyajian data, (3) verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan ANBK di kedua SDN diatas adalah menumpang dikarenakan kendala fasilitas berupa komputer