PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif, dengan pengamatan pada siswa atau peserta didik dengan melibatkan guru, siswa, orang tua, dan komite sekolah. Hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh anak adalah terjadinya perubahan perilaku secara holistik. Kecerdasan emosional merupakan hasil dari proses belajar. Kemampuan guru dalam melatih dimensi emosi harus dipandang sebagai bagian esensial pembelajaran. Penerapan kecerdasan emosional dapat dilakukan secara luas dalam berabgai sesi, aktivitas dan bentuk-bentuk spesifik pembelajaran. Bagi guru untuk mengkaji aspek-aspek yang berkaitan dengan emosi, bagaimana melatih dimensi-dimensi emosi melalui proses pembelajaran sehingga diharapkan semuanya dapat bermuara pada peningkatan potensi anak secara optimal.