UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI BERORGANISASI PELAJARAN PKN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SQ3R PADA SISWA KELAS V SEMESTER 2 SD AL-AZHAR KECAMATAN KEDUNGGALAR KABUPATEN NGAWI

  • Agus Wahyudi STKIP Modern Ngawi
  • Widya Trio Pangestu
  • Prima Rias Wana
Keywords: Hasil belajar, Pkn, Model Pembelajaran SQ3R

Abstract

Abstrak

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi berorganisasi pelajaran PKn dengan menggunakan model pembelajaran SQ3R pada siswa kelas V semester 2 SD Al-Azhar Kedunggalar, Kecamatan Kedunggalar, Kabupaten Ngawi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, perlakuan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi hasil belajar siswa dan tes yang diisi siswa. Dengan teknik-teknik tersebut diharapkan dapat diperoleh data yang akurat dan lengkap. Dari analisis model pembelajaran SQ3R dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Al-Azhar Kedunggalar, Kecamatan Kedunggalar, Kabupaten Ngawi. Hal ini dapat dilihat dari hasil siklus I dengan kategori “Kurang”, siklus II dengan kategori “Kurang” dan mengalami peningkatan pada siklus III menjadi “Baik”. Hasil belajar siswa yang semula 55% dan mengalami peningkatan sebesar 91%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran SQ3R dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Al-Azhar Kedunggalar, Kecamatan Kedunggalar, Kabupaten Ngawi dengan materi berorganisasi pada pelajaran PKn.

Published
2021-04-30