Hubungan Peran Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SDN Legokulon 2

  • Hendi Nur Mahfudi
Keywords: hubungan, orang tua, prestasi

Abstract

Siswa SDN Legokulon 2 sebagian prestasi belajarnya belom sepenuhnya mendapat peran dari orang tua mereka belum memiliki kesdaran yang tinggi bagi anak–anaknya. Oleh karena itu dalam penelitian ini Penelitian memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan peran orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas 5 SDN Legokulon 2 tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah Penelitian kuantitatif teknik penganbilan data  yang digunakan yaitu model kuesioner atau angket. Penelitian tindakan ini dilaksanakan dengan kolaborasi antara siswa dengan peneliti.Subjek dalam Penelitian ini adalah siswa seluruh siswa SDN Legokulon 2  kelas V dengan jumlah siswa 10 siswa. Metode pengambilan data menggunakan Instrumen atau angket yang digunakan untuk mencari hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan prestsi belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil uji instrumen kelas eksperimen  Pada pretes diperoleh nilai rata–rata 76,3 mengalami peningkatan pada kelas kontrol yaitu sebesar 87,2.

Published
2020-11-17