Pengaruh Media Pohon Pohon Penjumlahan Terhadap Prestasi Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 3 SD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: Meningkatkan prestasi belajar siswa melalui pemanfaatan media pohon penjumlahan pada mata pelajaran matematika kelas 3 MI Birul Walidain. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III A dan kelas III B MI Birul Walidain dengan masing-masing kelas berisi 10 siswa. Uji yang dilakukan adalah uji homogenitas menggunakan rumus varian (Uji F), uji normalitas menggunkan rumus saphiro wilk, dan pengujian hipotesis menggunakan t-test Two sample Asuming Equal Variances. Metode pengambilan data penelitian menggunakan instrumen atau angket yang digunakan untuk mencari hasilbelajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh media pohon penjumlahan terhadap prestasi siswa pada mata pelajaran matematika kelas III MI BirulWalidain. Hal ini terlihat dari hasil perhitungan rata- rata skor. Pada kondisi akhir, rata-rata kelas pada pretes 71,5 mengalami peningkatan pada kelas eksperimen 84,5.