Analisis Kesalahan Siswa dalam menyelesaikan soal cerita operasi hitung pecahan pada pembelajaran matematika kelas V di SDN Luwihaji II

  • Diyah Rahayu STKIP MODERN NGAWI
Keywords: Analisis Kesalahan Siswa, Soal Cerita, Operasi Hitung Pecahan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita operasi hitung pecahan pada pembelajaran matematika kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode kualitatif melalui pengamatan secara langsung mengenai bagaimana keterampilan membaca, keterampilan pemahaman siswa khususnya kelas V. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif guna memperoleh gambaran mengenai bagaimana kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita operasi hitung pecahan. Proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan 3 teknik yaitu obseravasi,wawancara, dan dokumentasi. Dalam kegiatan analisis data terdiri dari 3 alur kegitan yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas V memiliki beberapa kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita opersasih hitung pecahan. Adapun faktor yang menyebabkan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita yaitu kesalahan dalam mengubah informasi, kesalahan dalam menghitung, kesalahan dalam hal apa yang diketahui atau apa yang ditanyakan pada soal, dan kesalahan dalam menarik kesimpulan atau jawaban akhir.

Published
2024-11-20