Implementasi Metode Pembelajaran Demonstrasi untuk Meningkatkan Kemampuan Sains pada Anak Usia Dini

  • Susdarwati STKIP Modern Ngawi
Keywords: Metode Pembelajaran Demonstrasi, Kemampuan Sains

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sains dengan
menerapkan metode pembelajaran demonstrasi pada anak usia dini
Kelompok B di TK Aisyiyah Jogorogo. Penelitian ini merupakan
Penelitian Tindakan Kelas. Model penelitian yang digunakan adalah
model siklus sistem spiral yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc
Taggart. Penelitian dilakukan dua siklus dan setiap siklusnya
dilaksanakan empat kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tiga
komponen, yaitu perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi.
Subjek penelitian ini adalah 31 anak pada Kelompok B di TK Aisyiyah
Jogorogo, terdiri dari 19 anak perempuan dan 12 anak laki-laki. Metode
pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Teknik
analisis data dilakukan secara kualitatif. Peningkatan kemampuan sains
dikatakan berhasil apabila 80% dari jumlah anak termasuk dalam kriteria
baik dan sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode
pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan sains anak.
Kemampuan sains anak sebelum dilakukan tindakan tidak ada (0%) anak
dengan kriteria baik dan sangat baik. Setelah adanya tindakan pada
Siklus I, kemampuan sains anak meningkat sebanyak 17 anak (54,84%)
dan pada Siklus II meningkat hingga 28 anak (90,32%) dengan kriteria
baik dan sangat baik. Pembelajaran dengan menggunakan metode
eksperimen, guru menyiapkan media dan bahan yang akan dipakai dalam
domonstrasi kemudian guru memandu langkah kerja dalam percobaan.
Selanjutnya guru memperhatikan dan memberi semangat anak untuk
mengamati domostrasi dan anak melakukan percobaan sesuai dengan
yang didemonstrasikan guru.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-09-27