Pengaruh Penggunaan Media Teka-Teki Silang (TTS) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPS Kelas V

  • Prima Rias Wana STKIP Modern Ngawi
Keywords: Media, teka-teki silang, (TTS), hasil belajar, pembelajaran

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengaruh Penggunaan Media Teka-Teki Silang (TTS) Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Karangbanyu 03 Widodaren, memiliki tujuan agar mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa sesudah diberi perlakuan (treatment) pada saat post-test dan sebelum diberi perlakuan (treatment). Banyak hal yang mempengaruhi prestasi belajar siswa salah satunya adalah penggunaan media Teka-Teki Silang (TTS).Penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif eksperimen semu serta menggunakan desain Quasy Eksperimen , bentuk desain Quasy Eksperimen yang gunakan adalah Nonequivalent Control Group. Selanjutnya menjadi objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5A menjadi eksperimen dengan jumlah 33 siswa dan kelas VC menjadi kelas kontrol dengan jumlah 38 siswa. Data dari hasil belajar siswa diperoleh post-test berbentuk pilihan ganda. Penelitian ini menunjukkan hasil  perbedaan dari data hasil belajar sebesar 75,51 untuk kelas eksperimen, dan 66,44 untuk kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan media Teka-Teki Silang (TTS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Teka-Teki Silang (TTS) dapat dijadikan sebagai alternatif media belajar siswa pada terutama mata pelajaran IPS.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-01-29
Section
Articles