UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING SEPAK BOLA MELALUI DRILL MODIFIKASI BOLA PADA SISWA KELAS IV SDN MEDURI V TAHUN 2019/2020

  • Joni Pratama
Keywords: Passing Sepak Bola, Drill, Modifikasi Bola

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui : upaya peningkatkan hasil belajar passing bawah sepak bola melalui drill modifikasi bola pada siswa kelas IV SDN Meduri V Tahun 2019/2020.  Metode digunakan adalah menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dengan dua jenis data yang dianalisis berupa kemampuan passing bawah sepak bola, dan Hasil belajar passing sepak bola.

Penelitian ini menggunakan Subjek dari penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Meduri V Tahun Ajaran  2019 / 2020 yang berjumlah 7 siswa. Teknik pengumpulan data dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini terdiri atas tes dan observasi guna mengumpulkan data terkait kognitif, afektif dan psikmotor.

Hasil analisis pada siklus I menunjukkan hasil ketrampilan passing bawah sepak bola meningkat dari 57% pada kondisi awal menjadi 86% pada akhir bagian siklus I, selain itu kemampuan siswa dalam melakukan rangkaian gerakan passing bawah sepak bola meningkat  dari 57 % pada kondisi awal menjadi 86 % pada akhir siklus I. kemampuan siswa dalam melakukan teknik dasar passing bawah sepak bola meningkat sesuai target capaian yang dicantumkan pada proposal. Dan dinyatakan sudah tidak perlu lagi adanya siklus berikutnya.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa penerapan pendekatan latihan sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar passing bwaha sepak bola pada siswa kelas IV SD Negeri Meduri V tahun ajaran 2019/2020. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar passing bawah sepak bola pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Meduri V meningkat dibandingkan pada kondisi awal, dan memenuhi target ketuntasan belajar pada akhir siklus I

Published
2020-12-30
Section
Articles