ANALISIS FAKTOR DOMINAN ANTROPOMETRI, BIOMOTOR, DAN PSIKOMOTOR PENENTU KETERAMPILAN FUTSAL PADA PEMAIN FUTSAL STKIP MODERN NGAWI

  • Gigih Dwi Handoko
Keywords: analisis faktor, antropometri, biomotor, psikomotor, keterampilan futsal, pemain futsal STKIP Modern Ngawi

Abstract

Olahraga merupakan suatu aktivitas yang selalu dilakukan oleh masyarakat. Olahraga menurut Giriwijoyo (2007;31), adalah serangkaian gerak raga yang teratur dan terencana yang dilakukan secara sadar untuk meningkatkan kemampuan fungsionalnya. Salah satu olahraga yang digemari masyarakat adalah futsal. Menurut Tenang (2008), futsal adalah permainan bola yang dimainkan oleh dua regu yang masing-masing beranggotakan lima orang.  Dalam olahraga futsal terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi keterampilan pemain dalam bermain futsal yaitu antropometri, biomotor dan psikomotor.

Penelitian ini bertujuan untuk  memperoleh informasi dan mengetahui pengaruh faktor-faktor antropometri, biomotor dan psikomotor terhadap keterampilan futsal. Tujuan dari penelitian ini adalah semua elemen dalam tim pemain futsal STKIP Modern Ngawi, yaitu pelatih, pemain, dan masyarakat.

Dari hasil penelitian yang dilakukan dengan tes faktor yang mempengaruhi keterampilan futsal, semua faktor dominan antropometri, biomotor, dan psikomotor sangatlah berpengaruh terhadap keterampilan pemain futsal dalam bermain olahraga futsal.

Published
2020-12-30
Section
Articles