ANALISIS SEMANGAT PRODUKTIVITAS SISWA TERKAIT PELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP ADANYA INSPIRASI SEKOLAH WARNA DI SMK NEGERI 1 BRINGIN

  • Binti Rohmatin STKIP MODERN NGAWI
  • Wito Cahyono STKIP MODERN NGAWI
  • Oki Ribut Yuda Pradana STKIP MODERN NGAWI
Keywords: Semangat Pembelajaran, Sekolah Warna, Matematika

Abstract

Semangat produktivitas siswa dapat digambarkan dengan adanya dukungan dari kondisi tempat pembelajaran, artinya kondisi sarana dan prasaraa juga menjadi salah satu penunjang dalam proses mengajar yang dilakukan oleh seorang guru. Selain itu, sarana prasarana juga menjadi salah satu pemicu semangat dan motivasi belajar bagi seorang siswa. Dalam hal ini analisis semangat siswa terkait pelajaran matematika terhadap adanya inspirasi sekolah warna di SMKN 1 BRINGIN, merupakan salah satu cara sekolah untuk menumbuhkan semangat siswa untuk belajar. Kejenuhan dan kurangnya semangat belajar siswa terutama pada pembelajaran matematika yang mayoritas sulit untuk mengerti dipengaruhi juga dengan fasilitas sekolah, dari awal mulai pembelajaran sampai akhir yang memakan waktu yang cukup lama, juga membuat siswa jenuh akan kondisi kelas maupun sekolah. Maka dari itu,sekolah warna ini merupakan salah satu solusi yang dimiliki SMKN 1 BRINGIN, dengan memberikan ruangan yang berwarna dan penambahan taman yang yang menjadikan sekolah ini terlihat menarik dan tidak membuat kejenuhan kepada siswa. Dalam pengambilan sampel responden siswa yang terdiri dari 76 responden, menyatakan bahwa sebanyak 71% siswa menyatakan bahwa adanya sekolah warna memberikan efek semangat kepada mereka dan sebanyak 56,6% siswa menyatakan bahwa sekolah warna ini memberikan efek positif serta 35,5% menyatakan bahwa adanya sekolah warna memberikan efektivitas dapat mengurangi kejenuhan dalam belajar mengajar. Penambahan tanaman dan taman juga merupakan salah satu bentuk penunjang untuk menambah semangat dan mengurangi kebosanan siswa ketika berada di sekilah maupun dalam proses belajar mengajar.

References

Kongres Advokat Indonesia. (2021, Januari 29). Retrieved November 20, 2021, from Tujuan Pendidikan Nasional Menurut Undang-Undang No. 20 Tahun 2003: https://www.kai.or.id/berita/18532/tujuan-pendidikan-nasional-menurut-undang-undang-no-20-tahun-2003.html

Hidayat, A. (n.d.). Statistikian. Retrieved Desember 17, 2021, from Penelitian Kualitatif (Metode): Penjelasan Lengkap: https://www.statistikian.com/2012/10/penelitian-kualitatif.html

RI, P. (2003). Undang-undang (UU) No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional [JDIH BPK RI]. JDIH Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia.

Published
2021-12-26