PENGELOLAAN KELAS DALAM MENINGKATKAN BELAJAR SISWA MADRASAH ISLAMIYAH AS SALAM SIDOREJO KAB. NGAWI

  • Mei Linda Alfa Hidayah STKIP MODERN NGAWI
  • Narita Putri Ambarwati STKIP MODERN NGAWI
  • Heri Cahyono STKIP MODERN NGAWI
Keywords: Pengelolaan Kelas, Belajar Siswa

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan tentang perencanaan pengelolaan kelas, pelaksanaan pengelolaan kelas, pengawasan pengelolaan kelas dan faktor pendukung dan faktor penghambat pengelolaan kelas dalam meningkatkan belajar siswa. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pengelolaan kelas dilakukan dengan mengatur fasilitas, pengelolaan pengajaran dan pengaturan siswa, pelaksanaan pengelolaan kelas dilakukan dengan menerapkan beberapa prinsip pengelolaan kelas dan beberapa pendekatan, pengawasan dilaksanakan secara terus menerus, faktor pendukung dan faktor penghambat pengelolaan kelas adalah lingkungan fisik, sosial kondisi emosional dan Organisasi.

References

Sahid, D. R. & Rachlan, E. R. Pengelolaan Fasilitas Pembelajaran Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Indones. J. Educ. … 3, 26–39 (2019).

Hidayat, A. Pengelolaan Pendidikan (Konsep, Prinsip, dan Aplikasi dalam Mengelola sekolah dan Madrasah). Univ. Pendidik. Indones. 4–6 (2012).

Cahyono, H., Yuda Pradana, O. R., Arum Dwi Rahmawati, Anwas Mashuri & Budi Sasomo. PELATIHAN PEMBELAJARAN BERBASIS EDMODO DI MTs DARUL HIKMAH NGOMPAK NGRAMBE NGAWI. IJCE (Indonesian J. Community Engag. 2, (2021).

Published
2021-12-29