PENGELOLAAN KELAS PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS PADA MASA PANDEMI DI KELAS VII G MTS NEGERI 4 NGAWI

  • Junita Ulfa Munah Wati STKIP MODERN NGAWI
  • Qongidahtul Rikza STKIP MODERN NGAWI
  • Arum Dwi Rahmawati STKIP MODERN NGAWI
Keywords: Pembelajaran Tatap Muka Terbatas, Sistem Ganjil - Genap, Covid-19

Abstract

Pandemi covid-19sangat berdampak pada dunia pendidikan. Sudah satu tahun lebih sejak pandemi covid-19 merebak di Indonesia, kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring untuk menurunkan resiko  penularan covid-19. Namun, pembelajaran daring menimbulakan proses kegiatan belajar mengajar kurang optimal. Seiring  dengan level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) menurun, pemerintah menerapkan pemberlakuan baru yaitu kegiatan Pembelajaran Tatap Muka terbatas untuk mengoptimalkan dunia pendidikan. Permasalahan dalam penelitian yaitu tentang bagaimana proses pengelolaan kelas yang diterapkan dan kendala dalam pemberlakuan pembelajaran tatap muka terbatasselama pandemi covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif. Hasil dari penelitian ini bahwa proses pengelolaan kelas pada pembelajaran tatap muka terbatas, yaitu dengan menerapkan sistem Ganjil – Genap (sesuai nomor absensi siswa). Proses pengelolaan kelas pembelajaran tatap muka terbatas dilaksanakan secara daring dan luring. Dilakukan seperti anjuran pemerintah, yaitu maksimal 50% kapasitas per kelas sehingga dalam satu rombongan terdapat dua kelompok. Meskipun adanya keterbatasan waktu dalam pembelajaran tatap muka secara langsung capaian belajar siswa dapat meningkat. sistem ganjil – genap ini dinilai sangat efektif  dalam mengurangi kerumunan di tiap sekolah dan jugadapat membangkitkan kembali semangat siswa untuk belajar, mengembangkan potensi siswa, serta materi pembelajaran dapat diterima dengan mudah sesuai yang diharapkan.

References

Abdurrahmat Fathoni, H. (2006). Metodologi penelitian dan teknik penyusunan skripsi. Jakarta : Rineka Cipta, 2006, 16.

Agus R., A. H. (2015). Strategi pengelolaan kelas dalam proses pembelajaran. Jurnal Pendidikan Pedagogik, 03(1).

Dr. Wahidmurni, M. P. (2017). Pemaparan Metode Penelitian Kualitatif. Repository Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Huberman, & Miles. (1992). Teknik Pengumpulan dan Analisis Data Kualitatif. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 02(1998).

Maskanah, I., & Sae, H. L. (2021). Efektivitas Penggunaan Teknologi Dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 1(04), 279–285. Retrieved from https://www.ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/60

Maxmanroe. (2020). Pengertian Wawancara Adalah, Tujuan, Jenis, Ciri-Ciri, Fungsi Wawancara. Maxmanroe.Com.

Sugiyono, S. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D.

Syarifudin, A. S. (2020). IMPELEMENTASI PEMBELAJARAN DARING UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN SEBAGAI DAMPAK DITERAPKANNYA SOCIAL DISTANCING. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1). https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072

Zakky. (2018). Pengertian Observasi Menurut Para Ahli dan Secara Umum. Zona Referensi Ilmu Pengetahuan Umum.

Kemendikbud RI. (2021). Serba – Serbi Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Wilayah PPKM Level 3, Https://www.kemdikbud.go.id, diakses pada10 agustus 2021 Jakarta.

Pranggono, Totok (2021). Tindak Lanjut SE Bupati Ngawi, Perihal PTMT SMPN dan Swasta, Https://randusongo.ngawikab.id , diakses pada 25 september, Ngawi.

Published
2021-12-27