Urgensi Nilai dan Moral Sebagai Subteori dalam Pembelajaran Pkn di Sekolah Dasar

  • Ajeng Tasya Septiana
  • Aulia Azmi
  • Masitoh Nur Kharimah
  • Nurdin Nur Syamsuri
Keywords: pendidikan, karakteristik, oknum

Abstract

Pendidikan kewarganegaraan merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang diajarkan dari tingkat SD maupun perguruan tinggi, dalam Undang-undang No. 20 Tahun 2003  pasal 3 tentang sistem pendidikan nasional menyatakan bahwa pedidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Hal ini pun tertuang dalam UUD 1945 pada alinea ke empat di yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa, sehingga perlu penekanan pengetahuan agar generasi mampu berilmu baik itu terlihat dari cara berpikir maupun dari perbuatan, dan PKn menjadi mata pelajaran yang memiliki pesan-pesan nilai dan moral yang terkandung didalamnya salah satunya adalah pada mata pelajaran pembelajaran PKn di SD. Untuk mewujudkannya maka perlu bantuan dari oknum untuk mentransferkan pengetahuan agar menjadi teladan bagi peserta didiknya yaitu seorang guru. Untuk itu nilai dan moral harus bisa menjadi karakteristik pembelajaran PKn di SD dan ketika hal itu mampu dilaksanakan disitulah akan terlihat bahwa dalam pembelajaran PKn hadir untuk menanamkan nilai dan moral bagi generasi bangsa.

Published
2020-11-17